Jumat, 23 Agustus 2019

PENERIMAAN TAMU AMBALAN SMK MEGA LINK MAJENE TAHUN 2019

Foto: Kamabigus (Anwar Kamaruddin, S.Pi.) saat pemasangan atribut penegak

SMK Mega Link Majene - Dalam kepramukaan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) adalah kegiatan wajib bagi peserta didik baru, untuk melakukan pindah tingkatan dari penggalang ke penegak dan tentu saja tujuan dilaksanakannya kegiatan PTA ini antara lain untuk menarik minat anak dalam ekstra kurikuler pramuka. Selain itu, untuk memperdalam wawasan maupun pengetahuan peserta didik tentang kepramukaan dan menanamkan nilai-nilai yang terkandung pada Tri Satya dan Dasa Dharma. 

Hal inilah yang mendasari SMK Mega Link Majene kembali untuk tahun ini melakukan Perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan. Yang dilangsungkan selama tiga hari dua malam, dari tanggal 21-23 Agustus 2019. Kegiatan ini juga diisi dengan berbagai macam materi kepramukaan, kegiatan penjelahan dan jurit malam serta prosesi pelantikan dan pengukuhan anggota ambalan baru.

Kepala Sekolah SMK Mega Link Majene, Anwar Kamaruddin, S.Pi., selaku Kamabigus dalam amanatnya saat pembukaan menyampaikan bahwa, persahabatan harus dipererat dalam kegiatan ini.

“Hindari perpecahan, kontak fisik dan tetap menjunjung nilai-nilai persaudaraan. Lakukan tugas kalian sebagai anak pramuka yang menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila,” pungkasnya. 

Juga dalam amanatnya merasa, beliau sangat takjub dalam prosesi pembukaan PTA yang desain acaranya diluar dugaannya yang akan berlangsung biasa seperti tahun sebelumnya, tapi nyatanya tidak demikian. Kerja kompak Ambalan pramuka SMK Mega Link, di bawah bimbingan pembina pramukanya dalam mempersiapkan desain acara sangat total. Gerbang menuju perkemahan di desain model Sandeq khas perahu orang mandar, pun dengan saat acara pembukaan berlangsung diselingi tarian khas tradisional sambil melantunkan kalindaqdaq yang menjadi simbol orang mandar.

Tidak hanya sampai disitu, setelah Tamu Ambalan diambil sumpahnya. Sebagai peresmian dilakukan pengguntingan pita oleh Kamabigus, yang secara mengagetkan saat pita dipotong tirai warna merah jatuh, muncul tunas kelapa yang menggantung seakan melayang diudara. Tepuk tangan dari semua peserta upacara pembukaanpun kembali riuh.

Di hari kedua, tanggal 22 Agustus 2019 anggota Ambalan Baru diajak menjelajah gunung dengan halang rintangnya. Pukul 3 dini hari 23 Agustus kegiatan berlanjut pada acara jurit malam untuk melatih mental dan tradisi Perkemahan di SMK Mega Link Majene. Pukul 5 dini hari berlanjut dengan acara api unggun sekaligus pengukuhan Ambalan Baru sekaligus penutupan acara, dan pagi harinya pukul 7 prosesi mandi kembang simbol selamat datang dan selamat bergabung di Ambalan SMK Mega Link Majene.


#SMKMegaLinkBisaHebat


Foto: Prosesi Penyumpahan (Mencium Bendera Merah Putih)


Foto: Prosesi Pembakaran Api Unggun

Foto: Pose bersama Tamu Ambalan di Lokasi Perkemahan

Foto: Jelajah Gunung

 Foto: Ambalan SMK Mega Link berpose di depan Gerbang Model Sandeq

0 komentar:

Posting Komentar